Home » Archive

Articles in the Tempat Curhat Remaja Category

Tempat Curhat Remaja »

[17 Nop 2009 | No Comment | 93 views]
Sempat Dicuekin sampai Dilempar Telur

MERAYAKAN hari ulang tahun bukanlah hal yang wajib di keluargaku. Sebab kebiasaan tersebut memang nggak ada. Aku pikir, merayakan ultah itu bukan hal yang penting. Apalagi merayakan secara besar-besaran. Bagi aku itu sama aja dengan membuang duit. Cari duitkan nggak mudah. Hehe…
Dulu, hari ulang tahun itu seperti hari biasanya, malahan nggak ada ucapan selamat atau sedikit ada yang berbeda. Kalau ada yang ulang tahun, ya berlalu begitu aja. Nggak ada yang berkesan. Namun seiring waktu, kalau ada yang ulang tahun kami mulai memberi ucapan selamat, meski nggak ada perayaan dalam …

Tempat Curhat Remaja »

[16 Nop 2009 | One Comment | 97 views]
Ketahuan Cabut, Langsung Kena SP

Setiap siswa tentunya pernah mengalami kejenuhan dalam belajar. Ditambah lagi hal itu disokong oleh hari terjepit nasional yang biasanya semakin membuat siswa malas.
Hal itulah yang pernah aku alami semasa kelas XI SMA dulu. Sebagai remaja biasa yang juga sering terpengaruh oleh teman. Tentunya aku juga nggak mau dibilang nggak kompak dengan teman-teman lainnya. Apalagi aku termasuk orang yang rame dan suka ngumpul dengan orang-orang yang cukup bandel di sekolah.
Saat ada hari terjepit nasional merupakan hari yang menguntungkan bagi aku dan teman-temanku yang lain.
Tapi semua itu jadi sirna dikarenakan menurut sekolah …

Tempat Curhat Remaja »

[15 Nop 2009 | No Comment | 81 views]

Banyak orang kesal jika listrik mati. Apalagi beberapa bulan belakangan ini dirasakan listrik padam yang bergulir di setiap rumah-rumah warga termasuk rumah aku yang juga mendapat giliran setiap lampu mati.
Kondisi itu sangat mengganggu aktivitas. Membuat semua kegiatan terhambat, baik aktivitas dalam hal pekerjaan maupun sekolah. Mati lampu membuat kegiatan mati sejenak dan hidup kembali. Seperti tidak bisa melakukan sesuatu kegiatan main komputer, nonton tv, dan mungkin berdingin-dingin di AC, dan ada juga yang tidak suka karena hal yang tidak wajar, seperti membersihkan telinga, buang air, dan sebagainya.
Aku mencari jawaban mengapa …

Tempat Curhat Remaja »

[12 Nop 2009 | No Comment | 91 views]
Jalan Dua-duan di Mal Bikin Risih

JALAN bareng lawan jenis? Hufh.. ntar dulu deh… belum saatnya kayak gitu. Kecuali nanti, kalau memang sudah resmi dan diikat dengan ikatan tali perkawinan.
Dalam keluarga kami, memang seperti itu. Keluarga sangat protected (melindungi) anak gadisnya. Setiap mau keluar, mesti dijelasin dulu mau kemana, dengan siapa, sampai jam berapa. Dan aku nggak merasa risih. Karena, keluarga aku masih peduli dengan aku. Apalagi aku seorang perempuan. Mesti sangat menjaga jati diri sebagai seorang wanita muslimah.
Untuk jalan bareng dua-duaan ke mal bareng cowok aku masih risih banget. Karena, itu bukan tipe aku banget. …

Tempat Curhat Remaja »

[12 Nop 2009 | No Comment | 71 views]
Nggak Mandi Gara-Gara Dirawat

MALAS mandi. Ya, mungkin kita semua pernah merasakannya. Begitu juga aku. Di sini aku ingin berbagi pengalaman nggak mandi seharian. Sebenarnya sih mandi, tapi cuman di lap-lap ama si suster aja… ha…ha…
Kejadiannya, waktu kelas enam SD. Tepatnya, empat hari sebelum Ujian Akhir Sekolah (UAS), aku masuk rumah sakit. Aku terserang DBD (demam berdarah). Akhirnya, aku pun harus dirawat di rumah sakit. Ini pertama kalinya aku masuk rumah sakit.
Pagi hari aku bangun. Dan, yang pertama kali aku pikirin itu adalah ‘mandi’. Nah, sekitar pukul 08.00 WIB,  suster datang, dan menghampiriku. ‘’Mau …

Tempat Curhat Remaja »

[10 Nop 2009 | No Comment | 77 views]
Senang, Diizinkan Nyentuh Senapan

MASA SMA memang benar merupakan masa-masa yang paling indah dan menyenangkan. Di masa itu kita jangan hanya pergi sekolah, belajar, lalu pulang dan ngerjain tugas. Justru di masa itu kita harus memanfaatkan kesempatan sebaik-baiknya. Karenanya, hampir di setiap SMA menyelenggarakan kegiatan ekstrakulikuler selain kegiatan belajar.
Untung sekali saat itu aku berminat mengikuti ekskul Passus alias pasukan khusus. Selama di sana kami berlatih baris-berbaris dan juga penyelenggaraan upacara bendera. Dengan semangat dan kemauan akhirnya aku terpilih menjadi salah seorang pasukan pengibar bendera pusaka atau Paskibraka Kota Pekanbaru. Banyak sekali pengalaman yang aku …

Tempat Curhat Remaja »

[9 Nop 2009 | No Comment | 88 views]
Ketahuan Nyontek Pas Lihat Hasil Ujian

SEMUA orang pasti tau,  yang namanya nyontek adalah perbuatan yang nggak baik. Menandakan kita menjadi orang yang suka berbohong. Apalagi bagi para generasi muda, yang nantinya menjadi penerus bangsa. Wah-wah.. Jangan deh ya.
Yang namanya menyontek, nggak sering-sering amat kok. Tapi pernahlah. Hehe. Waktu itu lagi ujian mata pelajaran sejarah. Tau kan, kalau sudah sejarah pasti harus kebanyakan menghafal.
Waktu itu, jadwal pas ujian sejarah berbenturan banget dengan jam olahraga. Hal ini cuman aku yang mengalaminya. Soalnya, sewaktu ujian olahraga aku berhalangan hadir, karena sakit. Ya udah deh, ujian olahraga susulan dilakukan …

Tempat Curhat Remaja »

[8 Nop 2009 | No Comment | 82 views]
Dia Bukan Aku, Aku Bukan Dia

MUNGKIN masalah yang aku alami sudah alamiah dialami setiap orang. Karena aku hanya manusia biasa yang hanya mengikuti naluri hatiku.
Begini, aku punya temen satu seko-lah, satu kelas bahkan tetanggaan. Rumahku satu blok dengan rumahnya. Walaupun nggak dempetan tapi tetap satu gang. Dia selalu saja menjadi sorotan. Itu menurut aku karena aku selalu memperhatikan gerak gerik dia.
Ternyata bukan hanya aku yang bilang begitu, adikku dengan teman-temannya satu komplek juga memperhatikan dia dan senang melihatnya. Termasuk mamaku yang selalu menceritakan dia di depanku dan saudaraku. Heran deh, apa istimewanya dia dari aku.
Padahal …

Tempat Curhat Remaja »

[5 Nop 2009 | One Comment | 161 views]
Semuanya Berawal dari Mading

DULUNYA aku pengin banget kerja di bank. Kata orang-orang, kerja di bank itu asyik, nyantai dan uangnya banyak. Keluarga pun meng-iya-kan obsesiku itu. Itu, kan obsesi waktu kecil. Eh, ketika aku masuk SLTA di SMKN 1 Pekanbaru dan ketemu ama itung-itungan.
Baru aku rasain Akuntansi itu cukup rumit. Akhirnya, obsesi kerja di bank itu sirna. Karena, kalau satu saja angka yang silap! Wah.. wah.. mesti ngulang dari awal lagi itungannya. Males banget!
Masih, mengenai obsesi juga. Sewaktu SD (kelas 3), ada kakak kelasku dulu pernah jadi Cover Koran Sekolah. Nama korannya “Potensi” …

Tempat Curhat Remaja »

[4 Nop 2009 | No Comment | 97 views]
Ketiduran Pake Seragam Sampai Magrib

MUNGKIN kita mempunyai pengalaman seragam sekolah nggak sempat lagi diganti, ketika udah nyampai di rumah. Tentu alasannya bermacam, apakah itu karena kecapekan, ngantuk, atau mungkin emang udah menjadi kebiasaan.
Nah, mengenai seragam sekolah jadi baju rumah, juga pernah aku lakukan. Sebenarnya ini bukan kebiasaan aku yang menjadikan seragam sekolah jadi baju rumah.
Biasanya aku pulang sekolah langsun ganti baju. Lalu, makan siang. Setelah itu, mungkin tidur siang. Sebab, petang hari aku gunakan buat belajar dan ngerjain tugas sekolah hingga menjelang Magrib. Jadi, aku harus istirahat.
Ceritanya bermula ketika kebetulan aktivitas aku banyak banget …

Tempat Curhat Remaja »

[3 Nop 2009 | No Comment | 109 views]
Mamaku, Siapa Aja Ditemenin

WAH… kalo bicara soal orang tua gaul, aku langsung inget mamaku. Ortu cewekku yang satu ini, selain cantik juga suka bergaul dengan siapa aja alias suka nimbrung sana nimbrung sini.
Nggak hanya usia sebayanya yang bisa diajaknya berteman, tetapi teman-teman seusiaku juga bisa diajak mama nimbrung. Seperti pepatah, dimana ada madu pasti ada lebah, dimana ada gula pasti ada semut, dan dimana ada bunga pasti ada kumbang. Itulah mamaku. Dia nggak mandang usia, semuanya ditemanin.
Contohnya aja ketika aku latihan atau mengikuti lomba, baik itu lomba renang, bela diri karate, model dan …

Tempat Curhat Remaja »

[2 Nop 2009 | No Comment | 123 views]
Satpam Pengin Marah, Tapi Lucu

PENJAGA keamanan sekolah atau biasa dikenal dengan satpam sekolah mempunyai peran penting buat menjaga kemanan sekolah. Sekolahku punya seorang satpam. Dia satpam yang ramah, baik dan asyik diajak ngobrol oleh para siswa. Dia juga seorang satpam yang bertanggung jawab atas pekerjaannya.
Meskipun aku termasuk kategori siswa baru, namun selama aku berada di sekolah dan memiliki seorang satpam seperti beliau, menurut aku dia sosok satpam yang cukup baik. Dia bukan seorang satpam yang sok galak, sok disiplin atau sok nyebelin. Justru meskipun dia disiplin, dalam menjalani peraturan sekolah seperti menutup pagar pada …