Home » Archive

Articles Archive for Nopember 2009

Headline »

[30 Nop 2009 | 2 Comments | 869 views]
Salam Cium Tangan Guru

Hormati gurumu, sayangi teman…
Itulah tandanya kau murid budiman…
MASIH ingat nggak dengan lagu di atas? Semasa taman kanak-kanak (TK dan juga SD, lagu ini masih sering dinyanyikan. Entah itu saat pelajaran kesenian ataupun di pagi hari sambil menemani langkah kakimu menuju ke sekolah. Bahkan lagu ini pun sekarang masih suka kita dengar di iklan-iklan layanan masyarakat yang bertemakan pendidikan.
Setiap lagu, pasti memiliki pesan di setiap liriknya. Dalam lagu ini sang orang tua juga berpesan bahwa kita harus giat belajar, menyayangi sesama teman, dan pastinya menghormati guru sebagai orang tua kedua kita …

Info Berita »

[30 Nop 2009 | No Comment | 446 views]

MESKI nggak terbiasa untuk melakukan cium tangan ke guru, namun hampir seluruh sobeX bilang, kalau membiasakan mencium tangan guru itu perlu sekali (95,7 persen). Ini dikarenakan selain menghormati mereka sebagai orangtua kedua kita, kita juga bisa mendapatkan keuntungan lainnya.
Seperti dipandang sebagai murid yang sopan terhadap guru (67,9 persen), menjadi lebih dekat dengan guru (20,7 persen), dan jadi murid yang dikenal oleh guru-guru (7,9 persen). Nah, kalau sudah begitu siapa sih yang nggak mau cium tangan guru, cuma modal bibir dan ketulusan aja kok untuk melakukannya.
Muhammad Despriodi dari SMAN 8 Pekanbaru …

Tempat Curhat Remaja »

[30 Nop 2009 | No Comment | 496 views]
Senang, Namaku Dikenal sama Guru

GURU merupakan orang tua saat berada di sekolah. Sebagai yang lebih muda, kita harus menghormati orang yang lebih tua, dan itu berarti kita juga wajib menghormati guru. Mereka bukan hanya mengajarkan kita sebatas pelajaran atau berbagai teori, namun mereka juga sekaligus orang yang mendidik kita. Sudah seharusnya kita menghormatinya.
Banyak cara yang bisa dilakukan sebagai tanda kita menghormatinya, salah satunya bersikap sopan dan santun bila bertemu. Biasanya kalau aku bertemu salah satu guruku, aku menegur dan bersalaman dengannya seraya mencium tangannya. Kebiasan itu udah dari dulu. Bagiku, itu udah tradisi sendiri …

Komentar Para Pakar »

[30 Nop 2009 | No Comment | 372 views]
Bentuk Penghormatan

KEBIASAAN bersalaman dengan mencium tangan guru yang dilakukan siswa ketika mereka hendak masuk kelas dan pulang sekolah adalah salah satu aktivitas yang telah menjadi budaya di masyarakat.
Budaya yang tumbuh adalah hasil dari kebiasaan sehari-hari, yang diulang terus menerus dan dilakukan secara rutin. Kebiasaan ini awalnya muncul di lingkungan keluarga lalu ke masyarakat.
Dan cium tangan ini dapat diartikan sebagai bentuk penghormatan seseorang yang lebih muda terhadadap yang lebih tua.

Tips Remaja »

[30 Nop 2009 | No Comment | 703 views]

SALAM cium tangan memang merupakan tradisi lama. Namun nggak ada salahnya kok kita yang hidup di zaman sekarang masih melakukan tradisi lama yang melambangkan kesopanan itu. Hal itu pasti bakalan membuat imej kita sebagai remaja menjadi lebih baik. Salam cium tangan boleh sama siapa aja. Yang jelas mereka pantas menerimanya.
1. Salam cium tangan guru.
Biasakan mencium tangan guru jika bertemu dimanapun dalam kondisi yang tidak terduga, seperti di mall, atau dikala bertemu di jalan.
2. Salam cium tangan orang tua.
Pasti sejak duduk di bangku TK dulu kamu udah diajarin buat selalu cium …

Interaktif Remaja »

[30 Nop 2009 | No Comment | 419 views]

Harus Perhatian
Guru itu harus perhatian terhadap siswa. Bukan hanya dalam urusan belajar saja, tetapi dari semua aspek yang ada pada siswa tersebut. Misalnya, jika siswa tersebut lagi ada masalah, guru itu bisa membantunya. Guru seperti bisa menambah hubungan guru dan siswa semakin akrab.  Sehingga dengan sendirinya, memberikan motivasi pada siswa untuk semangat dalam belajar.
Rezki Sukrillah
SMAN 7 Pekanbaru
———————————-
Gak Pilih Kasih
Tipe guru yang diharapin, gak nyebelin, menyenangkan dan semangat. Selain itu juga yang bisa ngertiin siswa, maksudnya ga murid yang pintar-pintar aja diperhatiin, tapi memandang rata-rata semua murid.

Sinopis Film Terbaru »

[30 Nop 2009 | No Comment | 1.363 views]
Film Ninja Assassin, Penyegar Dahaga Akan Ninja

SEMUA orang mengira bahwa Ozunu Clan, sebuah klan pembunuh yang tak akan ragu-ragu menghabisi nyawa orang, hanyalah sebuah mitos yang hidup dalam masyarakat selama ratusan tahun. Tapi mitos itu adalah sesuatu yang nyata buat Raizo (Rain) karena Raizo adalah bagian dari Ozunu Clan. Raizo adalah salah satu mesin pembunuh klan ini.
Raizo telah menjadi bagian dari klan ini sejak ia masih kecil. Raizo diculik kelompok ini dan selama bertahun-tahun dilatih menjadi mesin pembunuh yang efektif. Satu kesalahan Ozunu adalah membunuh sahabat baik Raizo dan peristiwa tragis ini membuat Raizo menjadi musuh …

Cover Xpresi Minggu »

[30 Nop 2009 | No Comment | 722 views]
Rizky Marlin: Matematika Itu Asyik dan Menyenangkan

Siapa bilang matematika itu susah, ribet, cari-cari, ngafal- ngafal. Dan siapa juga bilang matematika itu mati-matian. Nggak kok. Tuh buktinya Rizky bilang matematik itu asyik dan menyenangkan.Siapa tu Rizky? Kok dia bisa bilang begitu? Penasaran dengan sosok yang satu ini. Dia bernama lengkap Rizky Marlin. Salah satu pelajar SMPIT- Al-Ittihad, Rumbai, Pekanbaru. Dia peraih juara pertama matematika yang ditaja Universitas Riau belum lama ini. Prestasi ini sudah dua kali beruturut-turut didapatkannya, setelah pada 2008 lalu ia memegang juara yang sama.
Rizky telah mengukir berbagai penghargaan dalam berbagai lomba dan Olimpiade Matematika …

Deteksi »

[30 Nop 2009 | 2 Comments | 930 views]
SMP Islam As-Shofa jadi The Best School Roadshow Xpresi 2009 Bersama Telkomsel

Tampilkan yang Terbaik
Senin (23/11) lalu, Xpresi Riau Pos menyerahkan award bagi SMP Islam As-Shofa Pekanbaru, di sekolah yang terletak di Jalan As-Shofa (Jalan Tuanku Tambusai ujung) ini. Dalam penyerahan award tersebut, sekolah yang mengkombinasikan pendidikan Islam dengan umum itu, kembali menyuguhkan berbagai penampilan terbaik mereka.
Sebagaimana diketahui, SMP Islam As-Shofa Pekanbaru terpilih menjadi The Best School dalam acara Roadshow Xpresi Riau Pos at School (RXRP As) 2009 bersama Telkomsel, mengalahkan lima sekolah nominator RSRP As ini. Menurut Ketua Tim Juri Penilaian RXRP As bersama Telkomsel, Khairul Amri, SMP Islam As-Shofa unggul …

Ramalan Bintang Hari Ini »

[30 Nop 2009 | 16 Comments | 5.676 views]

Inilah Ramalan Bintang, kamu untuk edisi Hari ini 30 November dan 1-2-3-4-5-6-7 Desember 2009. Semoga Zodiak, Astrologi di halaman Horoskop ini bisa jadi inspirasi kamu.
————————————————
LIBRA (22 Sept-22 Okt)
Ada peluang yang cukup bagus di awal minggu ini. Wujudkan ide yang telah lama kamu pikirkan. Namun kamu perlu hati-hati terhadap orang yang berusaha merusak karir kamu.
Keuangan: ada kemungkinan memperoleh pemasukan besar.
Kesehatan: agak menurun.
Asmara: perlu lebih serius.
Hari baik: Senin.
Angka bahagia: 5-7.
————————————————
SCORPIO (23 Okt-21 Nov)
Apa yang menurut kamu baik, lakukan segera. Namun jangan mudah percaya pada orang yang memberi janji-janji muluk. Selain itu, …

Headline »

[26 Nop 2009 | 2 Comments | 831 views]
Teman Busuk Hati dan Matre

MASIH ingat cerita tentang bawang putih dan bawang merah nggak? Itu lho cerita yang menceritakan betapa tersiksanya bawang putih yang baik hati karena selalu ditindas bawang merah yang sangat busuk hati.
Nah di zaman sekarang, ternyata juga banyak lho orang-orang yang memiliki sifat seperti bawang merah ini. Terbukti dengan (81,4 persen) sobat Xpresi (sobeX) pernah menemukan, bahkan kenal dengan orang semacam ini. Meski sebagian lagi mengatakan tidak.
Bahkan parahnya lagi, orang yang ditemui sobeX merupakan orang-orang yang memiliki intensitas tinggi pertemuannya. Siapa lagi kalau bukan orang yang disebut teman (73,1 persen), tetangga …

Info Berita »

[26 Nop 2009 | One Comment | 571 views]

BANYAK yang bilang teman yang baik itu adalah teman yang nggak mau ceritain kejelekan temannya kepada orang lain, makanya kalau ada teman yang menceritakan temannya di belakang, itu merupakan teman yang nggak baik. Paling nggak begitu pendapat sobeX dan orang seperti itu tidak pantas untuk ditemani (90,5 persen). Tapi meski 90 persen mengatakan tidak pantas untuk ditemani, masih ada sobeX yang mengaku teman seperti itu masih pantas untuk ditemani (9,5 persen).
Alasan yang di kemukakan pun beragam, dan jawaban terbanyak mengatakan, dia bukan teman yang baik (44,7 persen), agar dia kapok …