Home » Archive

Articles Archive for Agustus 2009

Headline »

[31 Agu 2009 | One Comment | 949 views]
Olahraga Jangan Batalin Puasa

Terancam Rasa Capek dan Haus
BANYAK cara yang dapat dilakukan agar tubuh menjadi sehat. Salah satunya dengan berolahraga. Yup! Bagi kamu yang suka olahraga, pastinya udah banyak dong manfaat yang kamu rasakan dan pastinya berolahraga udah jadi jadwal rutinnya kamu-kamu.
Nah, buat kita yang masih pelajar, olahraga merupakan salah satu rentetan daftar pelajaran setiap pekannya. Meski termasuk dalam rentetan daftar pelajaran, namun bisa jadi jadwal pelajaran olahraga itu ditiadakan di kondisi-kondisi tertentu, seperti ketika bulan puasa.

Info Berita »

[31 Agu 2009 | No Comment | 594 views]

SETUJU nggak kalau kesehatan itu mahal? Pasti iya dong. Soalnya, ketika udah sakit, banyak yang harus di korbankan. Badan serasa nggak enak, nggak bisa ngapa-ngapain, belum lagi duit yang mesti di keluarin ketika sakit.
Banyak hal yang perlu di perhatikan agar tubuh tetap sehat, seperti menjaga makanan, istirahat yang cukup dan pastinya berolahraga. Olahraga saat bulan puasa? Di sekolah? Wah, ternyata para sobeX nggak setuju (84,8 persen). Khusus saat bulan puasa, para sobeX sepakat pelajaran olahraga di sekolah diganti dengan pelajaran lain (79 persen).
Eits! Tunggu dulu. Meski para sobeX setuju jam …

Tempat Curhat Remaja »

[31 Agu 2009 | No Comment | 711 views]
Olahraga Sambil Nunggu Bedug

MELAKUKAN kegiatan olahraga di hari biasa nggak ada bedanya melakukan olahraga di bulan puasa. Hanya saja, di bulan puasa stamina bisa lebih drop dan energi berkurang ketika melakukan olahraga.
Tapi menurut aku malah sebaliknya. Dengan berolahraga di bulan puasa, puasa yang dilakukan lebih bagus, badan tidak kaku dan tetap fit. Sebab olahraga yang dilakukan dapat meregangkan otak dan otot. Yang namanya olahraga untuk body healty. Apalagi di saat berpuasa. Mestikah kita cuti dulu olahraga, setelah sebulan habis puasa baru berolahraga lagi? Nggak ada kata-kata cuti. Karena bagi aku olaharaga sangat penting. …

Info Berita »

[31 Agu 2009 | No Comment | 408 views]
Porsi Dikurangi

BEROLAHRAGA dalam kondisi menjalankan ibadah puasa tidak berpengaruh besar terhadap fisik tubuh manusia, melainkan baik untuk dilakukan.
Tetapi dalam hal ini, porsi waktu untuk berolahraga saat puasa harus dikurangi. Kalau misalnya, di hari biasa berolahraga menghabiskan waktu empat jam, maka harus dikurangi menjadi dua jam. Dan Sangat bagus, jika olahraga dilakukan pada waktu-waktu sore sekitar jam 4 atau jam 5 sore menjelang berbuka.(l/uli)

Tips Remaja »

[31 Agu 2009 | No Comment | 570 views]

MESKI berpuasa, kita harus tetap menjaga kebugaran tubuh dengan tetap megatur pola makan saat sahur dan berbuka. Selain itu, olahraga juga perlu agar selama berpuasa kita tidak kebablasan dan lemas. Mau tahu triknya?
1. Berolahragalah
mendekati waktu berbuka.
Jangan memilih waktu berolahraga di pagi atau siang hari. Pilihlah sore hari menjelang waktu berbuka. Saya sendiri memilih waktu 2-3 jam sebelum waktu berbuka untuk berolahraga bulutangkis.
2. Tidur, makandan minum yang cukup.
Aktivitas berolahraga adalah aktivitas yang banyak menguras energi. Agar tetap fit dan tidak lemas di kala puasa, tidur, makan dan minum haruslah cukup. Kalau …

Info Teknologi Terbaru »

[31 Agu 2009 | No Comment | 845 views]

TAHUKAH kamu, ternyata bakteri suka ngobrol juga? Pada bakteri, proses komunikasinya dinamai quorum sensing, yang melibatkan pertukaran suatu senyawa kimia (auto inducer).
Sebagai contoh, saat berjumlah sedikit, bakteri Pseudomonas aeruginosa dapat tumbuh pada inangnya tanpa menyebabkan penyakit. Namun ketika jumlahnya mencapai konsentrasi tertentu, bakteri tersebut kemudian menjadi agresif dan membentuk biofilm yang mempengaruhi sistem kekebalan tubuh dan menyebabkan penyakit.
Melalui mekanisme quorum sensing, sejumlah bakteri gram negatif menggunakan senyawa acyl homoserine lactone (AHL) untuk saling berkomunikasi dalam rangka mengatur sejumlah fungsi biologis seperti sifat patogen dan pembentukan biofilm.
Sementara bakteri gram positif seperti …

Ramalan Bintang Hari Ini »

[30 Agu 2009 | 38 Comments | 12.474 views]

Inilah Ramalan Bintang, kamu untuk edisi Hari ini 30, 31 Agustus 1, 2, 3, 4, 5 dan 6 September 2009. Semoga Zodiak, Astrologi di halaman Horoskop ini bisa jadi inspirasi kamu.
————————————————-
LIBRA (22 Sept-22 Okt)
Jerih payah kamu akan membuahkan hasil. Namun, waspadai dengan apa yang akan terjadi di pertengahan minggu. Jangan sampai kamu salah melangkah atau salah membuat keputusan.
Keuangan: cukup baik tetapi sebaiknya berhemat dahulu.
Asmara: kuncinya harus bisa menjaga perasaan.
Hari baik: jumat.
Angka bahagia: 4-2.

Headline »

[27 Agu 2009 | No Comment | 654 views]
Jangan Disalahgunkan

YANG namanya anak muda identik banget dengan kegemarannya  kumpul-kumpul bareng teman-teman di tempat favorit atau yang biasa disebut nongkrong atau biar lebih keren, kita sebut hangout.
Nah, yang namanya nongkrong itu pasti nggak ada matinya, nggak siang, nggak sore, ataupun malam. Bahkan di bulan puasa inipun, jadwal nongkrong sobat Xpresi (sobeX)-pun bertambah, subuh-subuh.
Yapz, asmara subuh, atau yang sering disingkat jadi asbuh merupakan fenomena yang lengket banget dengan bulan puasa. Eitss, bagi kamu yang belum tahu apa itu asbuh jangan pikir yang macem-macem dulu karena ada kata-kata “asmara”-nya.

Info Berita »

[27 Agu 2009 | Comments Off | 611 views]

KATA orang asbuh itu banyak mudharatnya dibanding manfaatnya, dan sebagian besar sobeX juga membenarkannya. Lebih dari tiga perempat dari sobeX berpendapat, kalau asbuh itu nggak penting (76,7 persen) sedangkan sisanya (23,3 persen) mengatakan penting. Selain banyak mudharatnya (37,3 persen), sobeX juga berpendapat kalau asbuh itu cuma capek-capekin badan doank (26,7 persen) juga bikin puasa jadi sumbing alias berkurang pahalanya (22,4 persen).
Banyak juga kok kegiatan yang asyik dan juga bermanfaat selain asbuh. Kegiatan yang mayoritas sobeX lakuin adalah tidur lagi sehabis sahur (35,7 persen), ini dilandasi karena sekolah tetap berlangsung meski …

Tempat Curhat Remaja »

[27 Agu 2009 | No Comment | 437 views]
Sekadar Having Fun

BICARA tentang asbuh, aku jadi ingat masa-masa ketika masih duduk dibangku Sekolah Menengah  Pertama (SMA). Saat itu, aku sangat suka melakukan kegiatan yang bernuansa asmara di subuh hari. Awal tahu dan kenal dengan kegiatan ini, tepat ketika aku duduk di bangku kelas VII SMP, saat itu aku diajak tetangga yang lebih tua dari aku, dan dari sana aku mulai tertarik.
Biasanya, di komplek perumahanku kegiatan asmara subuh yang biasa disingkat asbuh dilaksanakan di awal-awal bulan puasa. Saat itu, diawal-awal bulan puasa jalanan-jalanan itu ramai sekali dipenuhi anak-anak se-usiaku dan juga kakak-kakak …

Info Berita »

[27 Agu 2009 | No Comment | 431 views]
Lakukan yang Positif

Sri Wijianti S.Sos, Guru BK SMPN 13

ASMARA subuh (Asbuh) ketika puasa memang ngetren bagi remaja. Ini akibat pengaruh perkembangan zaman.  Anak-anak banyak salah mengartikan Asbuh itu. Ini disebabkan kurangnya pengarahan dari orang tua. Sehingga asbuh ini lebih banyak mudharat-nya dibanding manfaatnya.
Oleh sebab itu, dari BK (Bimbingan Konseling) berusaha mengarahkan pada anak agar melakukan hal-hal positif dan bermanfaat, seperti tadarusan usai salat Subuh. Selain itu,     Orang tua juga diminta lebih ketat mengawasi anak-anaknya agar tidak terjerumus dalam hal-hal yang dilarang ajaran agama dan membatalkan puasa.(d/uli)

Tips Remaja »

[27 Agu 2009 | No Comment | 534 views]

BULAN puasa adalah bulan untuk nabung amal. Sebab bulan puasa merupakan bulan yang paling suci dari bulan-bulan lainnya. Untuk itu, saatnya kita memperbanyak amal di bulan yang penuh berkah ini.
1. Asrus.
Ganti waktu asmara subuh (asbuh) dengan asrus (asmara tadarus). Banyak banget manfaatnya, kamu bisa jadi kan tadarus sebagai ajang untuk perbanyak amal kamu di bulan puasa. Bukan ajang untuk buat dosa.
2. Senam kaki dan tangan.
Asbuh nggak mesti jalan-jalan keluar rumah dengan alasan ingin olahraga pagi. Kamu juga bisa olahraga pagi dirumah. Bantu bersihin rumah di pagi hari, terutama mencuci piring …